Ketahui Perbedaan Soal TPA Bappenas dan TPS

Perlu diketahui bahwa ada banyak perbedaan dari soal TPA Bappenas dan soal TPS. Tes TPA merupakan Tes Potensi Akademik sedangkan TPS merupakan Tes Potensi Skolastik. Perbedaan yang pertama dapat Anda ketahui lewat fungsi dari masing-masing tes tersebut. Dimana Tes Potensi Akademik memiliki fungsi untuk mengetahui bagaimana kemampuan akademik ataupun intelektual seseorang. Sedangkan Tes Potensi Skolastik digunakan untuk mengetahui atau menguji kemampuan kognitif seseorang. Pada kedua tes tersebut juga umumnya memiliki perbedaan pada prodi yang akan dipilih. Hal ini berlaku pada calon mahasiswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi. Untuk TPS sendiri apapun setiap program studi yang dijadikan pilihan maka umumnya akan mendapatkan Tes Potensi Skolastik yang sama. Berbeda halnya dengan TPA. Umumnya, mereka yang memilih program sains dan teknologi akan mendapatkan tes seputar saintek. Sementara yang memilih program sosial, maka mereka akan mendapatkan tes tentang sosial humaniora.

Perbedaan lain juga dapat dilihat dari kemampuan yang dinilai. Pada Tes Potensi Skolastik maka akan menilai tentang kemampuan nalar, logika, serta pemahaman yang diperlukan disamping dari kemampuan akademik. Sementara itu, pada Tes Potensi Akademik lebih menilai tentang kemampuan bagaimana Anda dalam memahami materi yang ada di sekolah atau kemampuan akademik. Kemudian, perbedaan juga dapat diketahui lewat bentuk tes masing-masing. Untuk TPA, maka bentuk tes yang akan diperoleh umumnya seperti ekonomi, geografi, sejarah, matematika, fisika, kimia, hingga biologi. Sedangkan TPS berupa penalaran umum, menulis, pemahaman membaca, hingga pengetahuan umum lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa melihat perbedaannya pada materi yang harus dipelajari nantinya. Oleh karena itu, pastikan untuk segera mengatur strategi belajar agar dapat mempersiapkan materi pelajaran sesuai dengan klasifikasinya. Untuk menguasai soal-soal dari Tes Potensi Akademik, maka Anda bisa mulai berlatih dengan cara mempelajari materi pelajaran serta pengetahuan umum yang sudah didapatkan dari sekolah sebelumnya. Sementara itu, untuk bisa menguasai soal TPS maka pastikan untuk berlatih soal mengenai logika dan juga penalaran. Pastikan untuk mempelajarinya dengan baik dan teliti. Agar nantinya bisa menjawab semua tes tersebut dengan sesuai harapan.