Melirik Beberapa Event Cosplay di Bali

Event cosplay di Bali merupakan salah satu bukti nyata bahwa ada banyak komunitas penggemar cosplay yang ada di Bali. Oleh karena itu, para anggota komunitas tersebut mengadakan berbagai macam aktivitas yang mendukung hobi mereka. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan cosplay. Seperti yang telah diketahui, acar cosplay akan menampilkan banyak artis yang mengenakan kostum khusus dari berbagai karakter atau tokoh fiksi dari anime, film, maupun manga. Oleh karena itu, pengunjung acara cosplay akan disuguhi berbagai macam desain kostum, beragam rambut warna, dan pernak – pernik lainnya. Mereka juga bisa menikmati makanan khas yang lezat. 

Salah satu event cosplay yang telah diselenggarakan di Bali adalah Cosunite 2017 – “Cosplay’s Got Talent”. Acara ini dilakukan di Atrium Plaza Renon, Denpasar pada tanggal 22 Oktober 2017. Para pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk untuk mendatangi acara cosplay ini. Selain itu, bagi para artis cosplay, mereka bisa mengikuti cosplay competition yang tersedia di acara ini. Cosplay competition ini dibagi menjadi dua bentuk yaitu cosplay’s got talents dan cosplay parade. Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan hadiah. Sedangkan pengunjung acara cosplay bisa menikmati penampilan live band dan meet & greet dari artis cosplay. Oleh karena itu, acara cosplay ini menjadi salah satu acara cosplay yang sukses di Bali saat itu. 

Acara cosplay lain yang sukses diselenggarakan di Bali adalah D’JAFU 3rd (the Japan Festival of Udayana) “Yuuki No Matsuri”. Acara ini diselenggarakan di Fakultas Sastra & Budaya UNUD & Taman Gong Perdamaian Desa Budaya Kertalangu Denpasar pada tanggal 15 – 16 November 2014. Pengunjung bisa membeli tiket presale sebesar Rp 20.000. Sedangkan tiket on the spot adalah sebesar Rp 25.000. Ada berbagai macam acara yang dilakukan yaitu lomba kana, band contest, cosplay contest, lomba story telling, dan manga chara. Selain itu, para pengunjung juga dihibur oleh penampilan Alison & Shooting Stars sebagai bintang tamu utama. Oleh karena itu, acara ini juga merupakan acara cosplay yang sukses di Bali.